Coffee LIMMIT Premium | Coffee PLATINUM | LIMMIT Coffee | for Man

26 Oktober 2011

Lepas dari Kecanduan Kopi


KapanLagi.com – Efek buruk mengonsumsi kafein secara berlebihan sudah banyak diketahui masyarakat, namun tetap saja bagi para pecinta kopi sulit untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Padahal, efek buruk yang ditimbulkan tidak bisa dianggap remeh lho; mulai dari gangguan tidur, memperberat kerja kelenjar adrenalin, dan meningkatkan kadar asam dalam tubuh. Selain itu, kafein memiliki sifat seperti dopamin yang membuat Anda kecanduan. Ya, kafein terutama yang terkandung dalam kopi mampu meningkatkan kadar serotonin dalam otak di mana akan membuat Anda merasa lebih rileks, senang, dan mawas.

Efek Kopi

Kopi Limmit juga

Karena efek kesenangan semu yang didapat dari kafein itulah, banyak orang yang susah melepaskan kebiasaan meminum kopi setiap hari. Terutama bagi mereka yang menjadikan minum kopi di pagi hari sebagai rutinitas yang pantang dilewatkan. Hmm, meski sulit, Anda harus mulai melatih diri lepas dari kecanduan kopi demi kesehatan. Yuk, ikuti saran Woman yang dibagi dalam 7 langkah harian berikut ini.

Hari Pertama

Minum kopi dengan kadar normal yang biasa Anda konsumsi. Namun ingat untuk tidak mengonsumsi minuman bersoda, bahkan soda diet sekalipun.

Hari kedua – Hari keempat

Campur kopi Anda dengan kopi decaf (kopi tanpa kafein) dengan rasio 50:50. Beberapa pakar kesehatan akan menyarankan untuk membagi rasio menjadi 25 persen kopi decaf dan 75 persen kopi regular sebagai langkah awal, namun hal tersebut dilakukan selama sebulan agar Anda terhindar dari sakit kepala akibat berhenti mengonsumsi kopi secara tiba-tiba. Jika ingin menghentikan adiksi terhadap kopi lebih cepat, ada baiknya Ladies mengikuti saran Dr.Frank Lipman- pendiri Eleven Eleven Welness Centre- untuk memakai rasio 50:50.

Hari kelima – hari keenam

Campur kopi Anda dengan perbandingan 25 persen kopi regular dan 75 persen decaf . Setelah 3 hari memakai rasio 50:50, tubuh Anda akan mulai terbiasa dengan kadar kafein baru. Kini saatnya Anda mengurangi lagi 25 persen kadar kopi regular, ingat untuk tetap disiplin dan jangan sekali-kali mencuri kesempatan ngemil makanan yang mengandung kafein. Entah itu permen kopi atau dark chocolate.

Hari ketujuh

Mulailah minum teh herbal. Lebih disarankan mengonsumsi teh hijau, teh hitam berkadar kafein ringan, atau Yerba Mate. Semua teh tersebut memang mengandung kafein namun tidak sampai mengganggu sistem tubuh seperti kafein dalam kopi.Hilangkan pemikiran bahwa hidup tanpa kopi akan membuat Anda lemas dan mudah mengantuk saat bekerja. Kalau memang mengantuk, lebih baik Anda istirahat sejenak atau lakukan stretching ringan.

Lanjutkan meminum teh sebagai ganti kopi untuk minggu-minggu selanjutnya. Anda pun bisa mengkreasikan teh dengan lemon, jeruk nipis, atau menambah jahe.Program ini akan mengurangi ketergantungan terhadap kopi dan meredakan withdrawal symptomps akibat berhenti mengonsumsi kopi secara tiba-tiba. Memang untuk beberapa saat Anda akan mengalami sakit kepala berdenyut karena caffeine withdrawal, namun gejala ini akan hilang setelah 24 hingga 48 jam. Dan setelah itu, badan Anda akan terasa lebih enteng, tidur lebih nyenyak, dan lebih bertenaga. Terakhir, jangan lupa banyak-banyak minum air putih untuk mempermudah kerja sistem tubuh Anda

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: